Didorong rasa kepedulian untuk mengambil peran dan berkontribusi dalam upaya memberikan solusi terkait penanganan pasien dengan gangguan psikiatri, Kamis (18-10-2018) RS El Syifa Kuningan secara resmi membuka Pelayanan Psikiatri di RSU El Syifa.
Tentunya hal ini sangat menggembirakan, karena selama ini belum ada Rumah Sakit Swasta di Kuningan yang memiliki Pelayanan Psikiatri, sehingga dengan dibukanya Pelayanan Psikiatri di RSU El Syifa ini, masyarakat Kuningan dan sekitarnya yang memiliki anggota keluarga dengan kategori Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dapat lebih dekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
Saat memberikan sambutan, Direkur RS El Syifa dr. Supardi menjelaskan bahwa berdasarkan data aktual dari Jaring Pengaman Ummat (JPU), didapatkan masih ada kasus pasien dengan gangguan jiwa yang dipasung oleh keluarganya.
“Setelah konsultasi dengan Dinas Kesehatan terkait keinginan untuk membuka pelayanan ranap dan rawat jalan pasien psikiatri. Kami mendapatkan support , arahan dan saran-saran secara teknis yang sangat luar biasa, selanjutnya kami mengupayakan untuk keberadaan dokter spesialis khusus jiwa” Kata dr Supardi
Setelah mendapatkan dukungan dan saran teknis dari Dinas Kesehatan, RSU El Syifa kemudian mempersiapkan ruangan yang akan digunakan untuk pelayanan pasien psikiatri dengan beberapa persiapan mulai dari pemasangan teralis, sampai memasang perangkat CCTV dan penunjang lainnya.