August 26, 2018 Share

Kampung Angklung Desa Wisata Cibuntu Bagian 3

UPAYA KUNINGAN MENUJU KABUPATEN ANGKLUNG
Dinas Pariwisata & Kebudayaan Jawa Barat melalui Bidang Kesenian menggelar Gerakan Cinta Angklung dengan tema “Angklung Mulang Kampung” yang dilaksanakan selama 2 hari 22-23 Desember 2012 di Open Space Gallery Jl. Raya Linggarjati Desa Linggasana Kec. Cilimus Kab. Kuningan
Namun demikian, kemeriahan acara tersebut terhenti pada pada seremonial saja. Gaungnya tidak pernah melebihi cita-citanya. Pemerintah Kabupaten Kuningan memang tidak tinggal diam untuk selalu menyemangati masyarakatnya untuk terus mencintai Angklung modern yang lahir di Kuningan dengan mendeklarasikan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Angklung pada 21 Mei 2017.
Deklarasi Kuningan Sebagai Kabupaten Angklung saat itu didasari atas keinginan besar untuk mengangkat potensi budaya yang dimiliki Kabupaten Kuningan bahwa di daerah ini pernah lahir karya seni phenomenal yang telah mendunia yakni seni angklung, masyarakat Kabupaten Kuningan harus merasa bangga bahwa Kabupaten Kuningan pernah mengukir sejarah lahirnya seni angklung.
Sudah lebih dari setahun dari deklarasi Kabupaten Kuningan Sebagai Kabupaten Angklung, namun belum terlihat langkah nyata yang mendukung deklarasi tersebut. Keinginan Pemerintah Daerah menjadikan Kuningan sebagai Kabupaten Angklung belum ditindaklanjuti secara serius oleh Dinas-Dinas yang ada dan berhubungan dengan hal ini.
Angklung belum menjadi muatan lokal di sekolah-sekolah, belum ada tempat produksi, belum ada wilayah konservasi bambu, belum ada yang menjual souvenir angklung, belum ada sanggar buat latihan angklung dll. (Dari berbagai sumber)

Facebook Comments