July 2, 2018 Share

RSU El Syifa Halal bi Halal Bersama Pasien Hemodialisa (HD)

Masih dalam suasana lebaran Iedul Fitri, RSU El Syifa dan Fresenius Medical Care menyelenggarakan acara halal bi halal dengan pasien Hemodialisa (HD) atau cuci darah yang dilaksanakan di Raja Sea Food Ballroom, Ahad (01/07). 
Selain untuk mempererat silaturahmi dan kekeluargaan baik sesama pasien maupun pasien dengan perawat dan dokter, acara tersebut sekaligus untuk memberikan edukasi pada pasien HD dan keluarga terkait asupan nutrisi untuk pasien HD. 
Pasien HD sangat membutuhkan penanganan khusus. Mulai dari mengatur kebutuhan cairan, cara olah raga, traveling, hingga asupan nutrisi harus diatur sesuai takaran sebagaimana disampaikan dr. Elly Wijaya Nursyam SpPD, MH.Kes ,MM, Finasim yang merupakan pemateri pada acara tersebut. 
Owner RSU El Syifa sekaligus merupakan Dokter Penanggung Jawab Hemodialisa (DPJB-HD) di RSU El Syifa tersebut menuturkan bahwa pasien HD selain membutuhkan membuthkan motivasi dan perhatian lebih terutama dari keluarga, juga sangat membutuhkan perhatian khusus dalam hal asupan nutrisi. 
“Acara saat ini sengaja kita fokuskan untuk materi pemberian nutrisi bagi pasien HD karena hal tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi pasien yang sedang melakukan cuci darah,” ungkap Elly . 
Hal senada diungkapkan oleh General Manager Dialysis Sercives & Medical Affairs PT. Fresenius Medical Care, dr. Enny bahwa acara tersebut merupakan edukasi yang diberikan sebagai salah satu bentuk pelayanan bagi pasien HD. 
“Kita akan melaksanakan kegiatan seperti ini secara rutin untuk mempererat silaturahmi antar pasien beserta keluarga juga dengan dokter dan perawat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas hidup pasien hemodialisa.
” Lebih lanjut Enny menuturkan bahwa menurut hasil survey yang dilakukan di amerika, hubungan keluarga dan pekerja kesehatan baik dokter maupun perawat sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup pasien hemodialisa. 
Sementara itu, Wahyudin yang merupakan pasien HD yang telah melakukan cuci darah selama tihga tahun di RSU El Syifa menuturkan bahwa salah satu penyemangat untuk dirinya terus melakukan cuci darah adalah rasa kekeluargaan yang dihadirkan di RSU El Syifa.
“Saya itu gembira kalau mau berangkat ke El Syifa , dalam benak saya , saya akan bertemu friend-friend saya, bro-bro and sist-sist saya, istri saya ramai diluar merumpi dengan keluarga pasien lain, jadi di El Syifa itu mendapatkan dunia baru,” ungkap Wahyudin saat memberikan testimony mewakili pasien lain. (Bengpri)

Facebook Comments