May 31, 2018 Share

Belajar Bikin Kerajinan sambil Ngabuburit

Di bulan puasa ini untuk menunggu saat berbuka kita mengenal istila ngabuburit. Ngabuburit yang biasa identik dengan bulan Ramadhan ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang ketika menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, atau biasa disebut menunggu waktu berbuka puasa. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika ngabuburit seperti jalan-jalan, mengaji bersama di mesjid, dan lain-lainnya. 
Bertempat di kantor redaksi Klikkuningan.com, sekelompok anak-anak dan pemuda di desa Nanggela melakukan ngabuburit dengan belajar membuat kerajinan tangan. Kerajinan Tangan adalah menciptakan suatu produk atau barang yang dilakukan oleh tangan dan memiliki fungsi pakai atau keindahan sehingga memiliki nilai jual. 
Untuk kali pertama, sambil pengenalan dan belajar mereka membuat kerajinan dari stik es krim dan bambu. Ternyata banyak sekali kerajinan tangan yang bisa kita buat dengan bahan baku stik es krim dan bambu.
Momon Gondrong selaku Instruktur menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini sangat positif untuk meningkatkan gairah anak-anak muda untuk kreatif dan menyukai dunia kerajinan tangan.
“Masa cuman souvenir aja, kita harus ambil dari kota lain seperti Tasikmalaya dan Garut, emang warga Kuningan tidak bisa membuatnya” Kata Momon.
“Masa cuman buat souvenir angklung-angklungan kita ga bisa, khan katanya kita kabupaten Angklung.” Lanjut Momon sambil memperlihatkan souvenir angklung yang baru setengah jadi.
Semoga kegiatan positif ini terus dikembangkan, dan tidak hanya berhenti sampai disini. Kalau memungkinkan sampai ke produksi dan pemasaran, sehingga kegiatan ini juga ada efek ekonomi bagi para pemuda sehingga memotivasi mereka untuk menggelutinya.
Bengpri, selaku owner Klikkuningan.com mengatakan siap membantu dari sisi pemasaran melalui online. 
“Belajar aja dulu, kalau hasilnya sudah bagus kita pikirkan bagaimana cara menjualnya. Bisa jadi kedepannya kita bikin Toko Online buat hasil kerajinan ini” Pungkas Bengpri

Facebook Comments