March 21, 2018 Share

Bersaing Menjadi Mojang Remaja

SEJAK masih duduk di bangku kelas III Sekolah Dasar Cigintung sampai sekarang kelas VIII SMPN 1 Kuningan, Tirta Citra A.I.P., telah bergelut dengan olahraga beladiri pencak silat sehingga tidak heran banyak prestasi yang telah diraihnya baik kategori laga atau kumite maupun seni TGR. 
Di antaranya, Pesilat Pavorit Padjadjaran Nasional Cup I tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2012, juara pertama sekaligus dinobatkan sebagai Pesilat Terbaik Remaja Nurmas Cup tingkat Provinsi Jawa Barat & Jawa Tengah tahun 2017, juara pertama seni Jurus Tunggal se-Wilayah III Cirebon dan sebagainya. 
Namun dengan diraihnya banyak prestasi beladiri tersebut, ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 1 Kuningan, tidak membuatnya sombong atau merasa diri paling hebat. Ia justru terus belajar untuk menambah wawasan dan pengetahuan sekaligus membentuk karakter yang lebih matang. 
Termasuk mengikuti pemilihan Mojang dan Jajaka Remaja yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan yang baginya merupakan sesuatu yang sangat baru. Sehingga di ajang bergengsi tersebut, tujuan utamanya bukan memburu menjadi yang terbaik tetapi uji mental dan keberanian. 
Hal itu dikarenakan gadis cantik yang sempat menyabet penghargaan sebagai calon paskibra (capas) teladan tahun 2016 tersebut, menganggap, pengalaman adalah sesuatu hal yang sangat mahal sehingga tidak bisa diukur dengan materi. Ditambah lagi, harus dihadapkan dengan puluhan peserta lain yang statusnya sudah menjadi siswa di sejumlah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). 
“Tujuan akhirnya bukan menjadi pemenang tetapi bagi saya, persaingan pada ajang pemilihan Mojang dan Jajaka kali ini, guna menguji mental dan menambah pengetahuan karena banyak hal baru yang diajarkan sehingga sangat penting sebagai modal dalam menjalani kehidupan ke depan,” tutur Citra sapaan akrab Tirta Citra A.I.P.

Facebook Comments